Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Jumat, 30 Agustus 2024

Belajar Menulis Uncle Den

Pemuda Yang Menginspirasi

 

Khutbah yang berjudul Pemuda yang Menginspirasi di sampaikan di Masjid Imam Bonjol (dokpri)


“Ada beberapa pemuda yang sangat menginspirasi di zaman Nabi yang patut kita teladani,” ujar Deni Darmawan saat menyampaikan khutbah Jum’at di masjid Jami’ Imam Bonjol Komplek AL Pangkalan Jati Pondok Labu pada Jum’at (9/8/2024).


Diantara sekian banyak pemuda di zaman Nabi SAW ada seorang pemuda yang bernama Mushab bin Umair. Pemuda ini menjadi duta Islam pertama kali yang diutus berdakwah ke Yastrib (sekarang Madinah). “Mushab bin Umair adalah pemuda pilihan Nabi karena kepiawainya dalam berkomunikasi, melobi, berinteraksi dan luwes dalam bergaul. Karena hal itulah Nabi Muhammad SAW mengutusnya untuk berdakwah ke Yastrib yang saat ini dikenal dengan Madinah,” ungkap Deni Darmawan yang dikenal sebagai penulis Kaum Rebahan.


Buku tersedia di Shopee : Kombis Bookstore

Silahkan baca : Persatuan dan Toleransi


Sebelum masuk Islam, Mushab bin Umair dikenal sangat parlente dan elegan. Semua yang dikenakannya terbilang mahal dan necis. “Mushab terlahir dari keluarga yang berada. Ketampanan dan kewangian Mushab seperti tidak ada tandingannya di masa itu. Namun, ketika dia masuk Islam, penampilannya lebih sederhana, bijaksana, dan bersahaja.,” kata Deni di depan para jamaah masjid Imam Bonjol.


Lantas, apa yang begitu menginspirasi Rasulullah SAW sehingga mempercayai seorang pemuda Mushab bin Umair sebagai duta Islam. “Pertama, Mushab pemuda yang penuh kesederhanaan walaupun dari keluarga kaya, mempunyai semangat berhijrah, kesabaran, keteguhan hati, dan tawakal,” jelasnya.


Silahkan baca : Momentum Muharram Sebagai Peningkatan Kualitas Diri


“Ke-dua, Kecintaanya terhadap ilmu. Kerap kali Mushab suka ta’lim di rumah Arqam bi Arqam bersama Rasulullah. Ketekunannya belajar mengantarkan ia memperoleh pemahaman yang baik tentang Islam,” lanjutnya.


Selain itu, Mushab mempunyai kemampuan berdialogi dan berkomunikasi yang andal dan persuasif. “Yang keti-ga, Mushab mempunyai energi yang besar dalam menjalankan berbagai aktivitas yang bersifat edukatif. Mushab mengajar Islam kepada anak-anak dan warganya. Ia memperkenalkan Islam kepada para pemimpin di Yastrib kala itu yang beragama Yahudi dan Nasrani. Kemampuan berdialognya membuat mereka mau mendengarkan dan menerimanya hingga yakin akan kebenaran Islam,” terang Deni Darmawan yang juga seorang guru Intercultural School.


Terakhir, Mushab mempunyai kemampuan berdakwah dengan santun dan bijaksana. “Ke-empat, kemampuan berdakwah Mushab patut diacungkan jempol. Ia terinspirasi dengan surat an-Nahl ayat 125 agar menyeru dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan berdialog dan berdebat dengan cara yang baik. Mushab selalu merangkul bukan memukul, mengajak bukan mengejek, membina bukan menghina, menyayangi bukan menyaingi, membela bukan mencela, mencintai bukan memaki, mencari solusi bukan antipati,” pungkas Deni Darmawan yang sudah mengikuti Standardisasi Da’i MUI.  


Deni Darmawan bersama KH. M. Cholil Nafis, P.hd. (dokpri)

Mushab adalah gambaran pemuda yang menginspirasi Rasulullah. Figurnya patut kita teladani agar pemuda lain terinspirasi untuk terus meningkatkan kualitas diri dan menjadi pemimpin di masa mendatang. Oleh sebab itu, Allah SWT memberikan perhatian kepada pemuda agar jangan meninggalkan generasi atau keturunan yang lemah seperti di dalam surat an-Nisa ayat 9. 


 


 

Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :