Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Kamis, 18 Juli 2024

Belajar Menulis Uncle Den

Deni Darmawan : Momentum Muharam Sebagai Perbaikan dan Peningkatan Kualitas Diri

 

Deni Darmawan saat mengisi kajian bulanan  YKP BRI Arteri Pondok Indah (sumber: melintas.id)


“Mari kita jadikan momentum Muharam sebagai perbaikan dan peningkatan kualitas diri,” ujar Deni Darmawan ketika mengisi kajian pengajian bulanan pada Senin (15/7/2024) di Yayasan Kesejahteraan Pekerja Bank Rakyat Indonesia (BRI YKP) Jalan Iskandar Muda No. F 25 (Arteri Pondok Indah).


Muharam adalah bulan pertama dari kalender Hijriyah dan juga tahun baru Islam. “Muharam adalah  bulan yang dipilih Allah menjadi bulan yang mulia dan memiliki keutamaan. Pada surat at-taubah ayat 36 Allah menyebut minha arbatun hurum yaitu 4 bulan Haram diantaranya Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharam dan Rajab. Bulan ini menjadi momentum untuk kita agar lebih baik dari tahun sebelumnya,” jelas Deni Darmawan yang sudah mengikuti Standardisasi Da’i MUI.


Baca juga : Wahyu Pertama Sebagai Literasi Dasar Baca-Tulis


Diakhir surat at-Taubah ayat 36, Allah mengingatkan agar setiap manusia terus memperbaiki diri dan jangan berbuat zalim atau keburukan. “Bulan ini Allah mengharamkan pertikaian, peperangan dan segala perbuatan buruk lainnya. Jangan menzalimi diri sendiri, kita harus instrospeksi dan evaluasi diri agar selalu memperbaiki diri, meningkatkan kualitas ibadah, dan bersyukur atas usia yang diberikan,” ungkap Deni yang juga seorang penulis buku tentang religi dan literasi.


sumber foto : melintas.id


Selain itu, Muharam sebagai momentum meningkatkan kualitas ibadah dengan cara berpuasa dan menyatuni anak yatim. “Berpuasa sunnah di bulan Muharam adalah hal yang dianjurkan Nabi. Keutamaanya akan dihapuskan dosa-dosa setahun yang lalu. Nabi juga memberi perhatian kepada anak yatim dengan memberi makan dan segala kebutuhannya. Mengusap kepala anak yatim, setiap sehelai rambutnya ada kebaikkan, melembutkan hati dan hajat bisa terkabul,” jelasnya.


Deni Darmawan melanjutkan, ada beberapa catatan penting Muharam sebagai momentum perbaikan dan peningkatan kualitas diri. “Pertama, semangat hijrah adalah semangat perubahan. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, maka ia menjadi orang yang beruntung. Sebab, hari ini menjadi ladang amal untuk investasi akhirat dan peningkatan kinerja di dunia. Jika hari ini sama dengan kemarin, ia merugi. Jika hari ini tidak lebih baik dari kemarin, maka ia celaka,” ungkapnya.




“Kedua, bersyukur atas umur yang diberikan. Umur terus bertambah, namun hakikatnya dosa pun bertambah. Jadikan rasa syukur atas usia untuk dipergunakan sebaik-baiknya untuk lebih produktif dan bermanfaat. Umur menjadi berkah ketika ia mampu melewati setiap waktunya menjadi ladang amal dan kebaikkan bagi dirinya dan orang lain,” lanjut Deni Darmawan.


Catatan penting yang ke-tiga di bulan Muharam adalah memperhatikan waktu. “Waktu terus berjalan. Allah mengingatkan kita pada surat al-Hasyar ayat 18 agar setiap diri hendaknya memperhatikan waktu yaitu esok hari. Memperhatikan waktu di dunia dan waktu diakhirat. Ketika di dunia, Allah memanggil kita 3 kali. Panggilan pertama yaitu salat. Ke-dua yaitu panggilan haji atau umroh. Ke-tiga panggilan kematian. Selama di dunia kita akan dipanggil untuk salat dan berhaji/umroh. Jangan sampai panggilan kematian tiba, tapi ketika di dunia kita tidak memenuhi panggilan salat dan haji/umroh,” terangnya.


Sumber foto: melintas.id

Sebagai penutup, Deni Darmawan mengajak agar sama-sama meningkatkan diri setiap waktunya. “Mari kita sama-sama evaluasi diri, mumpung masih diberikan hidup oleh Allah. Perjalanan manusia dari alam ruh, alam rahim, dan alam dunia. Alam dunia akan menjadi penentu apakah ia akan bahagia  di alam kubur dan akhirat nanti. Mari, isi aspek rohani kita agar tidak mengalami kehampaan spiritual sehingga jiwa dan ruh kita selalu dekat dengan Allah, maka hidup kita akan selalu bahagia walaupun begitu banyak tantangan dan godaan yang menimpa. Mari kita sama-sama berdoa,” tutupnya.    

Penulis : Deni Darmawan 






Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :