Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Rabu, 24 Juli 2024

Belajar Menulis Uncle Den

"Keren! Deni Darmawan Membimbing 271 Penulis Pemula Menulis Artikel Tembus di Berbagai Media

 


Artikel mahasiswa yang terbit di media portal berita media online (dokpri)


Deni Darmawan membimbing sekitar 271 penulis pemula dari berbagai mahasiswa di Universitas Pamulang. Deni tidak hanya mengajarkan teori tapi juga praktik menulis artikel reportase dan opini tembus di media massa. Pada ajaran 2023/2024 Deni Darmawan diberikan amanah untuk bisa mempublikasikan artikel. Berkat Kerjasama dan kolaborasi, Deni Darmawan bisa mengantarkan penulis pemula menjadi penulis andal.


Dalam prosesnya, Deni dengan tekun memberikan teori dan praktik cara menulis artikel reportase dan opini. Karena proses, memang tidak mudah mengenalkan dunia tulis-menulis bagi penulis pemula. Hal pertama, Deni Darmawan membuka mindset kepada mahasiswa bahwa menulis itu mudah. Setelah mereka paham, kemudian diajarkan praktik pelan-pelan. 


Baca juga : Generasi Z dan Globalisasi


"Tidak mudah membimbing penulis pemula, harus dibuka mindsetnya, dan memberikan kepercayaan diri kepada mereka agar berani menulis dan buktikan jika mereka pasti bisa,” ujarnya.


Deni Darmawan saat mengajarkan praktik menulis (dokpri)


Deni mengajarkan praktik menulis dimulai dengan kerangka tulisan, kemudian membuat judul, lead, badan artikel dan penutup. ”Saya bimbing juga cara menerbitkan di media massa," ungkapnya terkenang ketika dengan sabar menuntun mahasiswa belajar menulis.


Baca juga  : Mahasiswa dan Kesehatan Mental


Baginya, bisa kerena terbiasa. Kuatkan tekad dan ubah mindsetnya bahwa menulis itu mengasyikan. “Semakin kita mahir dalam menulis, maka kita akan memiliki banyak rekam jejak untuk peluang kerja dimasa depan dan menjadi portofolio bagi mahasiswa,” lanjutnya.


Dengan kerja kerasnya, sekitar 271 penulis pemula dari berbagai mahasiswa mengikuti arahan Deni Darmawan dan akhirnya tulisan mahasiswa diterbitkan. "Asal ada kemauan pasti bisa. Jika mau sungguh-sungguh semua pasti bisa. Mahasiswa jika sering menulis akan mudah menulis makalah, skripsi dan lainnya,” terangnya.


Dapatkan buku-buku Karya Deni Darmawan di Shoppee : Kombis Booktore



Dalam praktik menulis, Deni sangat sabar dalam membimbing. Mahasiswa menulis reportase terjun langsung meliput kegiatan kampus Unpam . “Kami semua menulis reportase agar ada rekam jejak digital. Kenapa unpam? Agar masyarakat luas tahu akan aktivitas warga unpam, tidak hanya lokal dan tapi juga dunia, bahwa unpam tidak kalah dengan kampus lainnya,” ungkap Zenita Cahyani mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah yang telah dibimbing oleh Deni Darmawan hingga mahir menulis reportase dan opini.


Berbagai mahasiswa menulis dan menerbitkan artikel di media massa (dokpri)

"Deni Darmawan dengan sabar membimbing mahasiswa agar tulisannya diterbitkan di media massa. Jadi, kita belajar tidak hanya teori saja tapi juga praktik. Ini sangat jarang terjadi yang dilakukan oleh dosen lain," terang Zenita.


Deni juga memberikan saran agar tulisan itu harus original alias asli. “Mahasiswa tidak diperbolehkan untuk mencopas tulisan dari sumber manapun, harus dari opini sendiri, ketika menggunakan referensi harus dielaborasi dengan kata-kata sendiri dan mem-paraphasekan, " tutup Zenita yang juga ketua Himpunan Mahasiswa (Hima) Ekonomi Syariah Unpam.



Penulis : Zenita Cahyani (Mahasiswi Eksyar Unpam dan Penulis Kombis)

Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi kombisindonesia.com

**)  Rubrik opini atau reportase di website KOMBIS Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah sekitar 600 atau 700 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: belajarmenulisid@gmail.com

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi Kombis.

**) Bagi penulis yang artikelnya sering diterbitkan akan mendapat merchandise Kombis.









Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :