Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Kamis, 18 Juli 2024

Belajar Menulis Uncle Den

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah Unpam Gelar Gerakan Literasi Pelatihan Menulis Reportase dan Opini

 

Deni Darmawan seusai mengisi pelatihan Gerliks 2024 (dokpri)

Himpunan mahasiswa Ekonomi Syariah (Hima Eksyar) menggelar kegiatan Gerakan Literasi Ekonomi Syariah Unpam (Gerliks) dengan judul Cara Gampang Menulis Reportase dan Artikel Opini di Gedung Viktor Kampus 2 Lantai 5 Ruang 510 pada Selasa (26/9/2023) dan Selasa (3-10-17/10/2023). Pelatihan digelar selama 4x pertemuan. Dengan adanya Gerliks diharapkan mahasiswa dapat meningkat kemampuan menulisnya.


Menurut Deni, ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang tidak menulis. “Biasanya, seseorang tidak mau menulis karena hambatan psikologis. Diantaranya,  merasa tidak berbakat dan terampil. Merasa malu, tidak berani, dan kebangetan malas,” ujar Deni yang menjadi narasumber tunggal dalam kegiatan Gerliks Unpam.


Deni melanjutkan, selain hambatan psikologis, ada juga hambatan lain. “Merasa bingung mau menulis apa, merasa tidak ada ide dan gagasan, merasa sibuk tidak ada waktu, tidak mengetahui ragam dan model bahasa dan tidak memahami tujuan menulis,” ungkap Deni yang juga koordinator Website LKK-UNPAM.


Deni melanjutkan, bahwa menulis itu gampang, yang sulit itu jika belum mau memulai dan berani menulis. “Yang sulit itu belum berani mulai menulis dan belum keluar dari zona aman. Melawan rasa malas untuk bergerak menghadapi perubahan,” ujarnya.


Menurut Deni, menulis itu gampang, jika dimulai dari apa yang disukai, dikuasai dan diketahui. “Untuk awal, cobalah untuk menulis hal-hal ringan yang pernah dialami atau dikuasai dan diketahui. Menulis tentang pengalaman dari sebuah perjalanan atau kisah-kisah yang pernah kita temui,” ungkap Deni yang sudah menulis reportase kegiatan keagamaan di Unpam.



Deni Darmawan saat menyampaikan pelatihan Gerliks (dokpri)


Selanjutnya, Deni memberikan cara gampang menulis reportase. “Menulis reportase itu seperti memberikan informasi kepada khalayak. Namun, reportase mempunyai struktur tulisannya tersendiri. Pertama, membuat judul. Kedua, lead di paragraf pertama yang mengandung 5W plus 1H. Who (siapa), what (apa), when (kapan), where (dimana), why (kenapa) dan how (bagaimana),” ungkapnya.


“Ke-tiga, menulis badan berita dengan mengembangkan unsur (how). Ke-empat, penutup. Informasi yang berisi sesuatu yang tidak penting,” lanjut Deni yang menulis judul buku Menulis itu Gampang.


Menulis reportase juga dengan format piramida terbalik. “setelah judul, informasi di awal paragraf sangat penting. Di badan berita, informasi yang penting. Terakhir, informasi tidak penting,” lanjutnya.

Ada beberapa manfaat menulis reportase. “Kita hidup di era digital. Informasi yang begitu banyak akan membanjiri media sosial kita. Manusia selalu kepo untuk membutuhkan beragam informasi. Dengan belajar menulis reportase, maka kita akan menyajikan berita yang enak dibaca sesuai kaidah jurnalistik,” ujarnya.


Sedangkan cara gampang menulis artikel opini harus dibuat kerangka tulisan. “Setelah menetukan topik dan judul, maka buatlah kerangka tulisan meliputi judul yang menarik. Lead berada di awal paragraf yang berisi ide dan gagasan utama penulis. Badan artikel penjelasan dan pengembangan ide dan gagasan. Terakhir, penutup yang berisi kesimpulan ide dan gagasan, motivasi dan harapan,”ujar Deni yang menulis buku Menulis itu Gampang dan Kreativitas Menulis Kaum Rebahan.


Kegiatan Gerliks juga dihadiri oleh Kaprodi Dr. Mukhoyyaroh dalam setiap sesi pelatihan dan mahasiswa Eskyar Unpam dengan penuh antusias. Keceriaan dan kebahagian terpancar dari wajah mahasiswa dengan senyum sumringah. Kegiatan semakin lengkap dengan foto bersama dan ramah tamah.


Kontirbutor : Deni Darmawan


Sumber artikel : www.melintas.id  silahkan klik disini

 

Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :